Permintaan dan Penawaran

A. Permintaan & Penawaran

Analisis permintaan dan penawaran merupakan alat yang penting untuk :
1. Memahami perubahan harga dan kualitas akibat perubahan variable – variable ekonomi.
2. Menganalisis interaksi antera penjual dan pembeli dalam menghasilkan harga dan kuantitas suatu komoditas.
3. Menganalisis efek dari berbagai intervensi kebijakan pemerintah di pasar (pajak, kuota, subsidi, penetapan harga dan lain sebagainya).

Pasar di definiskan sebagai kelompok pembelian dan penjualan suatu produk atau jasa tertentu. Pasar kompetitif pasar dengan banyak pembeli dan penjual, sehingga masing-masing memiliki pengaruh yang sangat kecil pada harga. Penawaran dan permintaan adalah sebuah model yang paling berguna baik pasar yang kompetitif, dan menunjukkan bagaimana pembeli(warga negara) dan penjual(bisnis) berinteraksi di pasar tesebut.

1. Permintaan

Permintaan adalah keinginan konsumen untuk membeli suatu barang pada berbagai tingkatan harga selama periode tertentu.
Sebagai contoh, pada saat menjelang hari raya idul fitri (lebaran), kebutuhan orang yang membeli bahan makanan pokok seperti daging, ayam, ketupat dan lain sebagainya akan meningkat dibandingkan dengan hari biasa. Harga daging per/kg akan naik jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hari biasa, begitu pula harga ayam, ketupat dan lain – lain. Namun walaupun harga barang naik, tetapi konsumen tetap membelinya karena barang tersebut merupakan kebutuhan mendesak dan hanya pada periode tertentu.
Contoh lain adalah ketika musim hujan penjual jas hujan untuk pengendara sepeda motor mengalami penambahan permintaan, pada awal musim hujan kenaikan harga barang tersebut sangat meningkat dibandingkan harga normal sebelum musim hujan. Berkurang barang tersebut itu tidak berlaku secara mutlak karena pada waktu tertentu walaupun harga naik masyarakat tetap membeli barang tersebut.

Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan :
a) Harga barang tersebut sendisi (berbanding terbalik)
b) Harga barang lain yang terkait (subsidi naik, komplemen turun)
c) Tingkat pendapatan perkapita (semakin tinggi pendapatan, maka semakin tinggi pengeluaran).
d) Selera atau kebiasaan naik.
e) Jumlah perkapita naik
f) Perkiraan harga dimasa mendatang naik.
g) Distribusi pendapatan (semakin rata jumlah pendapatan, semakin rata pula jumlah barrangnya).
Usaha – usaha produsen untuk meningkatkan penjualan (tetap konstan).
Fungsi Permintaan adalah permintaan yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor – faktor yang mempengaruhinya. (harga : variable bebas/independen, bebas dipengaruhi dan terikat mempengaruhi).

Perubahan jumlah yang diminta dan perubahan permintaan.
1) Perubahan jumlah barang yang diminta.
-Di sebabkan oleh perubahan harga barang itu sendiri
-Perubahan permintaan sepanjang kurva permintan (movement a long demand curve).

2) Perubahan dalam permintaan.
-Di sebabkan oleh perubahan faktor – faktor non harga (selera, pendapatan, harga barang lain terkait dan lain sebagainya).
-Pergeseran kurva permintaan (shifting).
Kelebihan Supply adalah kuantitas yang ditawarkan > kuantitas yang diminta, dan menghasilkan surplus pada harga saat ini. Surplus besar dikenal sebagai “mengenyangkan”.

Dalam kasus kelebihan penawaran :
a. Harga terlalu tinggi untuk berada di ekuilibtrium
b. Pemasok menemukan bahwa peningkatan persediaan
c. Pemasok breaksi dengan menurunkan harga
d. Hal ini terus berlanjut hingga harga turun untuk ekuilibrium

2. Penawaran

Penawaran adalah jumlah barang yang di jual (di tawarkan) oleh produsen dengan berbagai tingkatan harga selama satu periode tertentu.

Faktor – faktor yang mempengaruhi penawaran :
a) Harga barang itu sendiri.
b) Harga barang lain terkait.
c) Harga faktor produksi.
d) Teknologi produksi.
e) Biaya produksi.
f) Jumlah pedagang/penjual.
g) Tujuan perubahan
h) Kebijakan pemerintah.

Fungsi penawaran adalah penawaran yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor – faktor yang mempengaruhinya.

Kelebihan Permintaan terjadi ketika kuantitas yang harus diminta > kuantitas yang ditawarkan, dan mengakibatkan kekurangan pada harga sekarang.

Dalam kasus kelebihan permintaan :
-Pembelian tidak dapat membeli semua yang mereka inginkan
-Penjual menemukan bahwa pwesdiaan menurun
-Penjual dapat menaikkan harga tanpa kehilangan penjualan
-Kenaikan harga pasar hingga mencapai ekuilibrium

Posted on March 21, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: